Syarat dan Ketentuan

Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi Taruna


  1. Persyaratan Calon Taruna
    1. Berijazah minimal:
      1. Program DP III Pembentukan
        1. Jurusan Nautika: Berijazah minimal SMA/MA IPA, Paket C IPA, SMK Pelayaran + ANT IV, DP IV Pembentukan + ANT IV, D III Semua Jurusan dan Sarjana (S1/S2) Semua Jurusan
        2. Jurusan Teknika: Berijazah minimal SMA/MA IPA, Paket C IPA, SMK Jurusan Teknik Mesin, Listrik, Elektronika, dan Mekatronika, SMK Pelayaran + ANT IV, DP IV Pembentukan + ANT IV, D III Semua Jurusan dan Sarjana (S1/S2) Semua Jurusan
      2. Program DP IV Pembentuan berijazah minimal SMP atau yang sederajat
      3. Program DP ETO Pembentukan berijazah minimal SMA/MA IPA, Paket C IPA, SMK Jurusan Teknik Mesin, Listrik, Elektronika, dan Mekatronika, DP IV Pembentukan + ATT IV dan SMK Pelayaran + ATT IV
    2. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 26 tahun untuk Program DP III Pembentukan atau berusia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Program DP IV Pembentukan dan DP ETO Pembentuan, dibutikan dengan Surat Kenal Lahir/Akte Kelahiran.
    3. Tinggi badan minimal 160cm (Pria) & 155cm (Wanita), tidak buta warna, tajam penglihatan maksimal minus (-) 0,5 untuk kedua mata dan tidak memiliki cacat fisik permanen/sehat jasmani.
    4. Belum menikah dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwewenang dan sanggup untuk tidak menikah selama pendidikan dinyatakan dengan surat pernyataan.
    5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Kelakuan Baik.
    6. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Kepolisian
    7. Melakukan pembayaran uang pendaftaran dan biaya seleksi sebesar Rp.1.850.000 (Satu Juta Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah) dengan menggunakan nomor referensi pembayaran yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran online.
    8. Menyerahkan bukti pembayaran uang pendaftaran dan biaya seleksi yang telah disetorkan ke rekening Bendahara Penerimaan BP2IP Malahayati Aceh
  2. Tata Cara Pembayaran
    1. Calon peserta SIPENCATAR membuka situs web resmi pendaftaran SIPENCATAR 2017 BP2IP Malahayati Aceh dengan mengisi formulir data calon peserta seleksi untuk mendapatkan nomor referensi yang digunakan sebagai proses pembayaran biaya pendaftaran dan seleksi (daftar disini).
    2. Calon peserta membayaran biaya pendaftaran dan seleksi ke rekening Bendahara Penerimaan BP2IP Malahayati melalui Bank Rakyat Indonesia diseluruh wilayah Indonesia untuk mendapatan Kode Akses Upload Dokumen dan Kartu Tanda Seleksi.
    3. Calon peserta SIPENCATAR wajib mengunggah dokumen persyaratan SIPENCATAR melalui halaman web yang telah disediakan untuk memperoleh Akses Print Out Kartu Seleksi SIPENCATAR, antara lain:
      • Fotocopy KTP/kartu identitas pengenal sejenis 1 (satu) lembar dengan format doc atau pdf.
      • Fotocopy ijazah SMP/sederajat untuk program DP IV atau ijazah SMA/sederajat untuk program DP III dan ETO sebanyak 1 (satu) lembar yang telah dilegalisir (bagi Calon SIPENCATAR yang belum lulus dapat menyerahkan Surat Keterangan telah mengikuti Ujian Nasional dari Kepala Sekolah) format doc atau pdf.
      • Fotocopy surat kenal lahir/akte kelahiran yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar dengan format doc atau pdf.
      • Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Kelakuan Baik format .doc .pdf
      • Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Kepolisian format .doc .pdf
    4. Calon Peserta SIPENCATAR mencetak Kartu Seleksi SIPENCATAR setelah sukses mengunggah dokumen persyaratan yang ditentukan
    5. Calon Peserta SIPENCATAR wajib melakukan Validasi Kartu SIPENCATAR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Tanda Seleksi yang telah ditempel Pas Poto terbaru (Ukuran 3 x 4, Latar warna biru untuk jurusan Nautika dan warna merah untuk jurusan Teknika) serta menyerahkan 1 lembar pas poto ukuran 3 x 4 sesuai jurusan.
  3. Pelaksanaan Diklat
    1. Masuk Diklat tanggal 25 Juni 2018
    2. Lama Pendidikan
      1. Lama Diklat DP III Pembentukan: 5 semester (1.5 tahun di kampus + 1 tahun praktek berlayar di kapal niaga
      2. Lama Diklat DP IV Pembentukan: 4 semester (1 tahun di kampus + 1 tahun praktek berlayar di kapal niaga
      3. Lama Diklat DP ETO Pembentukan: 5 semester (1,5 tahun di kampus + 1 tahun praktek workshop di darat dan berlayar di kapal niaga
    3. Membayar uang semester dan uang makan ketarunaan sesuai dengan perincian yang telah ditetapkan
    4. Wajib tinggal di Asrama selama pendidikan di kampus